Real VNC untuk Kantor Terpisah

Remote Desktop
Real VNC
Awalnya saya berkendala untuk mengefisienkan pengiriman data pada kantor saya yang memiliki kantor terpisah antara dari Administrasi, Laboratorium dan beberapa unit kerja. awalnya saya menggunakan VPN yang berada pada perangkat Router Drytek Vigor 2800V namun dikarenakan kendala Bandwidh dari provider dikota saya kurang maksimal, sedangkan aplikasi yang akan dijalankan merupakan aplikasi yang bukan dibuat dari underweb dalam artian aplikasi kantor saya bukan dibuat dari pemrograman website yang terpublis diinternet. 

ada banyak software remote pc yang memungkinkan untuk digunakan, hanya saja ada beberapa kendala terkait pada aplikasi yang diterapkan dikantor saya. yakni aplikasi kami mengharuskan membuat print out dari aplikasi tersebut untuk pengguna jasa, Server database dari aplikasi kami itu terletak pada kantor Administrasi. Aplikasi ini harus berjalan juga, dan mengambil database dari kantor Administrasi di Laboratorium yang berjarak (+-) 32 Km dari kantor Administrasi. 
dalam masalah ini saya menggunakan beberapa aplikasi remote pc namun kendala adalah kami tidak dapat membuat print out di luar dari kantor administrasi. sampai saya mendapatkan Aplikasi Remote Real VNC Enterprice yang ternyata selain mempunyai kemampuan untuk meremote pc secara lokal area dan diluar dari lokal area, Real VNC ini memiliki fasilitas share print yang dapat mempunyai kemampuan untuk print lokal.
Remote Desktop
Menu VNC
seperti pada gambar. 

ada beberapa fitur dari Real VNC ini yang mungkin sama dengan beberapa Remote PC yang lainnya. tapi pada beberapa hal yakni :
  • Real VNC - memiliki aplikasi yakni VNC Viewer pada Android dan IPhone maupun IPod yang dapat digunakan sewaktu - waktu. contohnya jika sepulang kantor lupa untuk membackup database. itu dapat dilakukan pada smart phone Android dan Iphone juga Ipod.
  • Real VNC - tidak berat saat dijalankan. ini terbukti Real VNC dapat dijalankan dengan Remote serta Print hanya dengan akses Broadband.
  • Harga pembelian software Real VNC pun relatif terjangkau. harga yang ditawarkan tergantung berapa banyak Desktop yang akan diinstal Real VNC, dan user yang akan menggunakannya.
cara setting remote pc Real VNC pun tidak begitu ribet. contoh pada router yang saya gunakan yakni Drytek Vigor 2800V cukup masuk di pengaturan NAT >> Configure Port Redirection Table
Configurasi Router NAT
Configurasi Router NAT
pada WAN IP isi dengan IP Public yang diberikan provider dan Private IP isi dengan IP Local PC yang akan diremote.
dengan adanya Real VNC ini sangat membatu kerja saya dalam mengelola data yang ada dikantor saya. mungkin bukan cuman ini saja Software remote PC yang memiliki kemampuan lebih bisa jadi ada yang lebih baik hanya saja belum saya temukan atau belum ketahui.
Bagi teman yang mencoba dan ada kendala silahkan dishare.. mungkin saya bisa bantu seputaran hal ini.

Comments

Popular Posts